Skip to main content

Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan

[pgp_title]

Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan

Tarif Pendirian Yayasan Tarif Pendirian Yayasan 2017 Syarat Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Menurut Uu No 28 Tahun 2004 Akta Pendirian Yayasan Persyaratan Mendirikan Yayasan Masjid

Pada dasarnya ada 3 jenjang dalam proses pendirian yayasan. Jenjangnya merupakan:
1. Pendirian
2. Pengesahan
3. Pengumuman

1. Pendirian
Penyusunan yayasan dapat dikerjakan oleh satu atau lebih orang (\”orang\” di sini bisa berarti individu atau badan peraturan), dengan memisahkan sebagian properti pendirinya sebagai kekayaan permulaan.
Landasan yayasan ini bisa menjadi pondasi fondasi pendiri untuk melakukan aktivitas sosial, agama, dan kemanusiaan, atau bisa didasarkan pada surat wasiat.
Progres pendiriannya sendiri dilaksanakan dengan akta notaris, kecuali pendirian yayasan oleh orang asing atau bersama dengan orang asing diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

2. Peresmian
Status badan hukum untuk yayasan baru muncul setelah akta pendirian yang diciptakan oleh notaris mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman yang dikerjakan oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia setempat. Persetujuan pemerintah semestinya diberi selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal penerimaan aplikasi komplit.
Bila permohonan ratifikasi ditolak, penolakan ratifikasi oleh menteri harus diberitahukan secara tertulis bersama dengan alasannya. Melainkan, untuk memberi wewenang terhadap Kepala Kantor Wilayah dapat minta pertimbangan dari instansi berkaitan. Dalam hal pertimbangan yang dibutuhkan instansi berhubungan, validasi atau penolakan persetujuan diberi selambat-lambatnya 14 hari sejak jawaban dari instansi berhubungan, atau 30 hari dari tak menerima jawaban dari instansi terkait.

3. Pengumuman
Akta pendirian yayasan yang telah dilegalkan sebagai badan regulasi akan diumumkan kecuali info negara (jumlah tarif pengumuman akan ditetapkan oleh aturan pemerintah). Pengumuman seperti itu seharusnya diajukan selambat-lambatnya 30 hari semenjak tanggal sertifikat pendirian diratifikasi. Konsekuensi dari non-pengumuman adalah bahwa selama pengumuman belum diciptakan, dewan pengawas bersama-sama bertanggung jawab atas semua kerugian yayasan.
Sesudah tiga proses dikerjakan (penetapan, validasi, dan pengumuman), maka yayasan sudah secara resmi menjadi badan aturan.


Jasa Pendirian PT GHABS

Jasa Pendirian PT Di Lampung Cepat 2018

Bagaimana Langkah Pendirian Yayasan?
Berikut yaitu langkah-langkah untuk mendirikan yayasan layak dengan UU Yayasan (UU No. 16/2001 dan UU No. 28/2004).

Pertama, Anda memformulasikan nama yayasan.
Siapkan tiga nama dasar. Siapa tahu nama pertama ditolak oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Tidak seperti pengecekan nama perusahaan elektronik, pengecekan nama yayasan dilakukan secara manual.
Jika memeriksa nama perusahaan bisa dijalankan dalam tiga hari, memeriksa nama yayasan memerlukan waktu dua minggu.

Kedua, tentukan bidang apa yang akan dibudidayakan oleh yayasan misalnya: pengajaran, lingkungan, sosial, agama dan lain-lain.

Ketiga, siapkan salinan kartu identitas pendiri, nama pembangun, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas yayasan. Biasanya, rapat pembinaan yayasan menetapkan siapa yang menjadi ketua, sekretaris, bendahara dan pengawas.

Keempat, tentukan kekayaan awal yayasan. Ini disisihkan dari kekayaan pribadi pendirinya.

Kelima, datang ke notaris dengan membawa dokumen-dokumen berikut:
Nama Yayasan
Salinan kartu identitas pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas
Pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas NPWP
Dokumen-dokumen di atas diperlukan untuk mendirikan sebuah yayasan.

Keenam, Notaris menyerahkan nama yayasan yang Anda usulkan ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Dibutuhkan dua pekan untuk mendapatkan konfirmasi apakah nama dapat dipakai atau tak. Jika keputusannya ya, sertifikat pendirian yayasan akan diratifikasi di hadapan Notaris

Ketujuh, pendiri / pelatih bersama dengan ketua, sekretaris, petugas keuangan dan supervisor menandatangani AD sebelum notaris.
Kedelapan, notaris akan menyerahkan Anggaran Dasar terhadap Kementerian Aturan dan Hak Asasi Manusia untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Sekiranya Anda memerlukan layanan yayasan,
cukup sediakan data berikut:
Nama Bisnis (2 atau 3 opsi)
Bisnis domisili
Bidang usaha
Alamat bisnis
Fotokopi Kartu Identitas Pendiri, Pembuat, Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Pengawas
Pendiri, Pembangun, Ketua, Sekretaris, Keuangan, dan Pengawas NPWP
Pernyataan Pemisahan Kekayaan Pribadi
Tak. Perusahaan Telepon
Rencana Daerah Bisnis
Surat Kuasa (Sekiranya penandatanganan sertifikat pendirian dikasih wewenang kepada orang lain)

Biaya Pendirian Yayasan Biaya Pendirian Yayasan 2017 Prasyarat Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Berdasarkan Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Persyaratan Mendirikan Yayasan Masjid

Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan


proses pendirian yayasan murah di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan cara mendirikan yayasan di notaris di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan prosedur buat yayasan di notaris di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan cara pendirian yayasan sendiri di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan biaya membuat yayasan murah di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan proses pendirian akta yayasan di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan guna buat akta yayasan di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan tata cara membuat yayasan sendiri di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan tata cara mendirikan izin yayasan di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan syarat membuat yayasan murah di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan langkah mendirikan yayasan murah di Syarat Pendirian Yayasan Keagamaan

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 20 =