Skip to main content

SK Pendirian Yayasan

[pgp_title]

SK Pendirian Yayasan

Biaya Pendirian Yayasan Tarif Pendirian Yayasan 2017 Persyaratan Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Berdasarkan Uu No 28 Tahun 2004 Akta Pendirian Yayasan Prasyarat Mendirikan Yayasan Masjid

Pada pokoknya ada 3 tahapan dalam pelaksanaan pendirian yayasan. Tingkatannya merupakan:
1. Pendirian
2. Pengesahan
3. Pengumuman

1. Pendirian
Pembentukan yayasan dapat dijalankan oleh satu atau lebih orang (\”orang\” di sini dapat berarti individu atau badan hukum), dengan memisahkan sebagian properti pendirinya sebagai kekayaan permulaan.
Landasan yayasan ini dapat menjadi pondasi fondasi pendiri untuk melakukan kesibukan sosial, agama, dan kemanusiaan, atau bisa didasarkan pada surat wasiat.
Kerja pendiriannya sendiri dikerjakan dengan akta notaris, selain pendirian yayasan oleh orang asing atau bersama dengan orang asing dipegang lebih lanjut dengan Aturan Pemerintah.

2. Pengesahan
Status badan aturan untuk yayasan baru muncul setelah sertifikat pendirian yang diwujudkan oleh notaris memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman yang dilakukan oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia setempat. Persetujuan pemerintah harus dikasih selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal penerimaan aplikasi lengkap.
Seandainya permohonan ratifikasi ditolak, penolakan ratifikasi oleh menteri sepatutnya diberitahukan secara tertulis bersama dengan alasannya. Namun, untuk memberi wewenang terhadap Kepala Kantor Kawasan bisa meminta pertimbangan dari instansi terkait. Dalam hal pertimbangan yang dibutuhkan instansi terkait, validasi atau penolakan persetujuan diberikan selambat-lambatnya 14 hari sejak jawaban dari instansi berhubungan, atau 30 hari dari tak mendapatkan jawaban dari instansi berkaitan.

3. Pengumuman
Sertifikat pendirian yayasan yang sudah diresmikan sebagai badan regulasi akan diumumkan selain kabar negara (jumlah biaya pengumuman akan ditentukan oleh aturan pemerintah). Pengumuman seperti itu mesti diajukan selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal sertifikat pendirian diratifikasi. Konsekuensi dari non-pengumuman merupakan bahwa selama pengumuman belum diwujudkan, dewan pengawas bersama-sama bertanggung jawab atas segala kerugian yayasan.
Setelah tiga pengerjaan dilakukan (penetapan, validasi, dan pengumuman), maka yayasan telah secara legal menjadi badan aturan.

Bagaimana Langkah Pendirian Yayasan?
Berikut yakni langkah-langkah untuk mendirikan yayasan sesuai dengan UU Yayasan (UU No. 16/2001 dan UU No. 28/2004).

Pertama, Anda memformulasikan nama yayasan.
Siapkan tiga nama dasar. Siapa tahu nama pertama ditolak oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Tak seperti pengecekan nama perusahaan elektronik, pengecekan nama yayasan dikerjakan secara manual.
Bila memeriksa nama perusahaan bisa dikerjakan dalam tiga hari, memeriksa nama yayasan memerlukan waktu dua pekan.

Kedua, tentukan bidang apa yang akan dibudidayakan oleh yayasan umpamanya: pengajaran, lingkungan, sosial, agama dan lain-lain.

Ketiga, siapkan salinan kartu identitas pendiri, nama pembangun, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas yayasan. Biasanya, rapat pembinaan yayasan memastikan siapa yang menjadi ketua, sekretaris, petugas keuangan dan pengawas.

Keempat, tentukan kekayaan awal yayasan. Ini disisihkan dari kekayaan pribadi pendirinya.

Kelima, datang ke notaris sambil membawa dokumen-dokumen berikut:
Nama Yayasan
Salinan kartu identitas pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas
Pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas NPWP
Dokumen-dokumen di atas diperlukan untuk mendirikan sebuah yayasan.

Keenam, Notaris menyerahkan nama yayasan yang Anda usulkan ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Dibutuhkan dua minggu untuk mendapatkan konfirmasi apakah nama bisa diaplikasikan atau tak. Apabila keputusannya ya, sertifikat pendirian yayasan akan diratifikasi di hadapan Notaris

Ketujuh, pendiri / pelatih bersama dengan ketua, sekretaris, petugas keuangan dan supervisor menandatangani AD sebelum notaris.
Kedelapan, notaris akan menyerahkan Anggaran Dasar kepada Kementerian Regulasi dan Hak Asasi Manusia untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Jika Anda membutuhkan layanan yayasan,
cukup sediakan data berikut:
Nama Bisnis (2 atau 3 opsi)
Bisnis alamat
Bidang usaha
Domisili bisnis
Fotokopi Kartu Identitas Pendiri, Pembuat, Ketua, Sekretaris, Keuangan, dan Pengawas
Pendiri, Pembangun, Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Pengawas NPWP
Pernyataan Pemisahan Kekayaan Pribadi
Tak. Perusahaan Telepon
Agenda Daerah Bisnis
Surat Kuasa (Jika penandatanganan sertifikat pendirian dikasih wewenang kepada orang lain)

Tarif Pendirian Yayasan Tarif Pendirian Yayasan 2017 Persyaratan Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Menurut Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Prasyarat Mendirikan Yayasan Masjid

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *