Pendirian Yayasan Ahu

Pendirian Yayasan Ahu

Biaya Pendirian Yayasan Biaya Pendirian Yayasan 2017 Persyaratan Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Menurut Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Syarat Mendirikan Yayasan Masjid

Pada dasarnya ada 3 level dalam pengerjaan pendirian yayasan. Jenjangnya merupakan:
1. Pendirian
2. Pengesahan
3. Pengumuman

1. Pendirian
Penyusunan yayasan bisa dilakukan oleh satu atau lebih orang (\”orang\” di sini bisa berarti individu atau badan aturan), dengan memisahkan sebagian properti pendirinya sebagai kekayaan awal.
Landasan yayasan ini dapat menjadi pondasi fondasi pendiri untuk melakukan kegiatan sosial, agama, dan kemanusiaan, atau bisa didasarkan pada surat wasiat.
Pelaksanaan pendiriannya sendiri dilaksanakan dengan sertifikat notaris, kecuali pendirian yayasan oleh orang asing atau bersama dengan orang asing dipegang lebih lanjut dengan Aturan Pemerintah.

2. Pengesahan
Status badan undang-undang untuk yayasan baru muncul setelah akta pendirian yang diwujudkan oleh notaris mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman yang dilakukan oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia setempat. Persetujuan pemerintah patut diberikan selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal penerimaan aplikasi lengkap.
Seandainya permohonan ratifikasi ditolak, penolakan ratifikasi oleh menteri sepatutnya diberitahukan secara tertulis bersama dengan alasannya. Tetapi, untuk memberi wewenang terhadap Kepala Kantor Kawasan bisa minta pertimbangan dari instansi berhubungan. Dalam hal pertimbangan yang dibutuhkan instansi berhubungan, validasi atau penolakan persetujuan diberikan selambat-lambatnya 14 hari sejak jawaban dari instansi terkait, atau 30 hari dari tak mendapatkan jawaban dari instansi terkait.

3. Pengumuman
Sertifikat pendirian yayasan yang sudah dilegalkan sebagai badan tata tertib akan diumumkan kecuali isu negara (jumlah biaya pengumuman akan diatur oleh undang-undang pemerintah). Pengumuman seperti itu seharusnya diajukan selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal akta pendirian diratifikasi. Konsekuensi dari non-pengumuman yaitu bahwa selama pengumuman belum dihasilkan, dewan pengawas bersama-sama bertanggung jawab atas seluruh kerugian yayasan.
Setelah tiga cara kerja dilaksanakan (penetapan, validasi, dan pengumuman), maka yayasan sudah secara legal menjadi badan tata tertib.

Bagaimana Langkah Pendirian Yayasan?
Berikut yaitu langkah-langkah untuk mendirikan yayasan sesuai dengan UU Yayasan (UU No. 16/2001 dan UU No. 28/2004).

Pertama, Anda memformulasikan nama yayasan.
Siapkan tiga nama dasar. Siapa tahu nama pertama ditolak oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Tidak seperti pengecekan nama perusahaan elektronik, pengecekan nama yayasan dikerjakan secara manual.
Bila memeriksa nama perusahaan bisa dilakukan dalam tiga hari, memeriksa nama yayasan memerlukan waktu dua pekan.

Kedua, tentukan bidang apa yang akan dibudidayakan oleh yayasan misalnya: pendidikan, lingkungan, sosial, agama dll.

Ketiga, siapkan salinan kartu identitas pendiri, nama pembangun, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas yayasan. Umumnya, rapat pembinaan yayasan mempertimbangkan siapa yang menjadi ketua, sekretaris, bendahara dan pengawas.

Keempat, tentukan kekayaan permulaan yayasan. Ini disisihkan dari kekayaan pribadi pendirinya.

Kelima, menghadap ke notaris dengan membawa dokumen-dokumen berikut:
Nama Yayasan
Salinan kartu identitas pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas
Pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas NPWP
Dokumen-dokumen di atas dibutuhkan untuk mendirikan sebuah yayasan.

Keenam, Notaris menyerahkan nama yayasan yang Anda usulkan ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Dibutuhkan dua minggu untuk mendapatkan konfirmasi apakah nama dapat diaplikasikan atau tidak. Apabila keputusannya ya, sertifikat pendirian yayasan akan diratifikasi di hadapan Notaris

Ketujuh, pendiri / pelatih bersama dengan ketua, sekretaris, petugas keuangan dan supervisor menandatangani AD sebelum notaris.
Kedelapan, notaris akan menyerahkan Anggaran Dasar terhadap Kementerian Undang-undang dan Hak Asasi Manusia untuk menerima persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Apabila Anda memerlukan layanan yayasan,
cukup sediakan data berikut:
Nama Bisnis (2 atau 3 opsi)
Bisnis alamat
Bidang usaha
Alamat bisnis
Fotokopi Kartu Identitas Pendiri, Pembuat, Ketua, Sekretaris, Petugas, dan Pengawas
Pendiri, Pembangun, Ketua, Sekretaris, Keuangan, dan Pengawas NPWP
Pernyataan Pemisahan Kekayaan Pribadi
Tidak. Perusahaan Telepon
Rencana Tempat Bisnis
Surat Kuasa (Seandainya penandatanganan akta pendirian diberikan wewenang kepada orang lain)

Tarif Pendirian Yayasan Tarif Pendirian Yayasan 2017 Prasyarat Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Berdasarkan Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Persyaratan Mendirikan Yayasan Masjid

Comments are closed.