Mendirikan Yayasan Di Indonesia

Mendirikan Yayasan Di Indonesia

Biaya Pendirian Yayasan Biaya Pendirian Yayasan 2017 Prasyarat Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Menurut Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Prasyarat Mendirikan Yayasan Mesjid

Pada pokoknya ada 3 level dalam pengerjaan pendirian yayasan. Jenjangnya adalah:
1. Pendirian
2. Peresmian
3. Pengumuman

1. Pendirian
Pembentukan yayasan dapat dikerjakan oleh satu atau lebih orang (\”orang\” di sini bisa berarti individu atau badan tata tertib), dengan memisahkan sebagian properti pendirinya sebagai kekayaan awal.
Landasan yayasan ini dapat menjadi pondasi fondasi pendiri untuk menjalankan aktivitas sosial, agama, dan kemanusiaan, atau dapat didasarkan pada surat wasiat.
Proses pendiriannya sendiri dijalankan dengan sertifikat notaris, selain pendirian yayasan oleh orang asing atau bersama dengan orang asing diatur lebih lanjut dengan Tertib Pemerintah.

2. Pengesahan
Status badan undang-undang untuk yayasan baru timbul sesudah akta pendirian yang diciptakan oleh notaris memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman yang dilaksanakan oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia setempat. Persetujuan pemerintah sepatutnya dikasih selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal penerimaan aplikasi komplit.
Kalau permohonan ratifikasi ditolak, penolakan ratifikasi oleh menteri mesti diberitahukan secara tertulis bersama dengan alasannya. Tapi, untuk memberi wewenang terhadap Kepala Kantor Kawasan dapat minta pertimbangan dari instansi berkaitan. Dalam hal pertimbangan yang diperlukan instansi berkaitan, validasi atau penolakan persetujuan dikasih selambat-lambatnya 14 hari sejak jawaban dari instansi berhubungan, atau 30 hari dari tak mendapatkan jawaban dari instansi berhubungan.

3. Pengumuman
Akta pendirian yayasan yang telah dilegalkan sebagai badan undang-undang akan diumumkan selain berita negara (jumlah tarif pengumuman akan ditetapkan oleh undang-undang pemerintah). Pengumuman seperti itu wajib diajukan selambat-lambatnya 30 hari semenjak tanggal sertifikat pendirian diratifikasi. Konsekuensi dari non-pengumuman yakni bahwa selama pengumuman belum dihasilkan, dewan pengawas bersama-sama bertanggung jawab atas segala kerugian yayasan.
Setelah tiga pengerjaan dikerjakan (penetapan, validasi, dan pengumuman), karenanya yayasan telah secara resmi menjadi badan tata tertib.

Bagaimana Langkah Pembuatan Yayasan?
Berikut ialah langkah-langkah untuk mendirikan yayasan layak dengan UU Yayasan (UU No. 16/2001 dan UU No. 28/2004).

Pertama, Anda memformulasikan nama yayasan.
Siapkan tiga nama dasar. Siapa tahu nama pertama ditolak oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Tak seperti pengecekan nama perusahaan elektronik, pengecekan nama yayasan dikerjakan secara manual.
Sekiranya memeriksa nama perusahaan bisa dilaksanakan dalam tiga hari, memeriksa nama yayasan membutuhkan waktu dua minggu.

Kedua, tentukan bidang apa yang akan dibudidayakan oleh yayasan seumpama: pendidikan, lingkungan, sosial, agama dan lain-lain.

Ketiga, siapkan salinan kartu identitas pendiri, nama pembangun, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas yayasan. Biasanya, rapat pembinaan yayasan menentukan siapa yang menjadi ketua, sekretaris, bendahara dan pengawas.

Keempat, tentukan kekayaan permulaan yayasan. Ini disisihkan dari kekayaan pribadi pendirinya.

Kelima, datang ke notaris sambil membawa dokumen-dokumen berikut:
Nama Yayasan
Salinan kartu identitas pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas
Pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas NPWP
Dokumen-dokumen di atas diperlukan untuk mendirikan sebuah yayasan.

Keenam, Notaris menyerahkan nama yayasan yang Anda usulkan ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Diperlukan dua minggu untuk mendapatkan konfirmasi apakah nama bisa diaplikasikan atau tak. Sekiranya keputusannya ya, sertifikat pendirian yayasan akan diratifikasi di hadapan Notaris

Ketujuh, pendiri / pelatih bersama dengan ketua, sekretaris, bendahara dan supervisor menandatangani AD sebelum notaris.
Kedelapan, notaris akan menyerahkan Anggaran Dasar terhadap Kementerian Peraturan dan Hak Asasi Manusia untuk menerima persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Jika Anda membutuhkan layanan yayasan,
cukup sediakan data berikut:
Nama Bisnis (2 atau 3 opsi)
Bisnis domisili
Bidang usaha
Domisili bisnis
Fotokopi Kartu Identitas Pendiri, Pembuat, Ketua, Sekretaris, Keuangan, dan Pengawas
Pendiri, Pembangun, Ketua, Sekretaris, Petugas, dan Pengawas NPWP
Pernyataan Pemisahan Kekayaan Pribadi
Tidak. Perusahaan Telepon
Agenda Tempat Bisnis
Surat Kuasa (Seandainya penandatanganan sertifikat pendirian diberikan wewenang kepada orang lain)

Tarif Pendirian Yayasan Biaya Pendirian Yayasan 2017 Prasyarat Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Menurut Uu No 28 Tahun 2004 Akta Pendirian Yayasan Prasyarat Mendirikan Yayasan Mesjid

Comments are closed.