Skip to main content

Cara Pendirian Yayasan Masjid

[pgp_title]

Cara Pendirian Yayasan Masjid

Tarif Pendirian Yayasan Biaya Pendirian Yayasan 2017 Persyaratan Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Berdasarkan Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Persyaratan Mendirikan Yayasan Mesjid

Pada pokoknya ada 3 tahapan dalam pelaksanaan pendirian yayasan. Tahapannya yaitu:
1. Pendirian
2. Peresmian
3. Pengumuman

1. Pendirian
Pembentukan yayasan bisa dijalankan oleh satu atau lebih orang (\”orang\” di sini dapat berarti individu atau badan aturan), dengan memisahkan sebagian properti pendirinya sebagai kekayaan permulaan.
Landasan yayasan ini dapat menjadi pondasi fondasi pendiri untuk melakukan aktivitas sosial, agama, dan kemanusiaan, atau bisa didasarkan pada surat wasiat.
Cara pendiriannya sendiri dilaksanakan dengan akta notaris, kecuali pendirian yayasan oleh orang asing atau bersama dengan orang asing dipegang lebih lanjut dengan Aturan Pemerintah.

2. Peresmian
Status badan aturan untuk yayasan baru timbul setelah akta pendirian yang dihasilkan oleh notaris mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman yang dilaksanakan oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia setempat. Persetujuan pemerintah patut dikasih selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal penerimaan aplikasi komplit.
Jika permohonan ratifikasi ditolak, penolakan ratifikasi oleh menteri mesti diberitahukan secara tertulis bersama dengan alasannya. Melainkan, untuk memberi wewenang kepada Kepala Kantor Kawasan bisa meminta pertimbangan dari instansi berkaitan. Dalam hal pertimbangan yang dibutuhkan instansi berhubungan, validasi atau penolakan persetujuan diberikan selambat-lambatnya 14 hari sejak jawaban dari instansi berkaitan, atau 30 hari dari tidak mendapatkan jawaban dari instansi terkait.

3. Pengumuman
Sertifikat pendirian yayasan yang telah diresmikan sebagai badan aturan akan diumumkan kecuali kabar negara (jumlah biaya pengumuman akan ditetapkan oleh aturan pemerintah). Pengumuman seperti itu semestinya diajukan selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal akta pendirian diratifikasi. Konsekuensi dari non-pengumuman ialah bahwa selama pengumuman belum diwujudkan, dewan pengawas bersama-sama bertanggung jawab atas semua kerugian yayasan.
Setelah tiga cara kerja dilakukan (penetapan, validasi, dan pengumuman), maka yayasan sudah secara resmi menjadi badan hukum.


Jasa Pendirian PT GHABS

Jasa Pendirian PT Di Lampung Cepat 2018

Bagaimana Langkah Pendirian Yayasan?
Berikut ialah langkah-langkah untuk mendirikan yayasan pantas dengan UU Yayasan (UU No. 16/2001 dan UU No. 28/2004).

Pertama, Anda memformulasikan nama yayasan.
Siapkan tiga nama dasar. Siapa tahu nama pertama ditolak oleh Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Tak seperti pengecekan nama perusahaan elektronik, pengecekan nama yayasan dilaksanakan secara manual.
Sekiranya memeriksa nama perusahaan dapat dijalankan dalam tiga hari, memeriksa nama yayasan membutuhkan waktu dua pekan.

Kedua, tentukan bidang apa yang akan dibudidayakan oleh yayasan umpamanya: pendidikan, lingkungan, sosial, agama dan lainnya.

Ketiga, siapkan salinan kartu identitas pendiri, nama pembangun, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas yayasan. Biasanya, rapat pembinaan yayasan menetapkan siapa yang menjadi ketua, sekretaris, bendahara dan pengawas.

Keempat, tentukan kekayaan awal yayasan. Ini disisihkan dari kekayaan pribadi pendirinya.

Kelima, datang ke notaris dengan membawa dokumen-dokumen berikut:
Nama Yayasan
Salinan kartu identitas pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas
Pendiri, pelatih, ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan pengawas NPWP
Dokumen-dokumen di atas diperlukan untuk mendirikan sebuah yayasan.

Keenam, Notaris menyerahkan nama yayasan yang Anda usulkan ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Dibutuhkan dua minggu untuk menerima konfirmasi apakah nama dapat diterapkan atau tidak. Bila keputusannya ya, akta pendirian yayasan akan diratifikasi di hadapan Notaris

Ketujuh, pendiri / pelatih bersama dengan ketua, sekretaris, petugas keuangan dan supervisor menandatangani AD sebelum notaris.
Kedelapan, notaris akan menyerahkan Anggaran Dasar kepada Kementerian Peraturan dan Hak Asasi Manusia untuk menerima persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.
Sekiranya Anda memerlukan layanan yayasan,
cukup sediakan data berikut:
Nama Bisnis (2 atau 3 opsi)
Bisnis alamat
Bidang usaha
Alamat bisnis
Fotokopi Kartu Identitas Pendiri, Pembuat, Ketua, Sekretaris, Petugas, dan Pengawas
Pendiri, Pembangun, Ketua, Sekretaris, Petugas, dan Pengawas NPWP
Pernyataan Pemisahan Kekayaan Pribadi
Tidak. Perusahaan Telepon
Agenda Tempat Bisnis
Surat Kuasa (Bila penandatanganan sertifikat pendirian diberikan wewenang kepada orang lain)

Tarif Pendirian Yayasan Biaya Pendirian Yayasan 2017 Persyaratan Pendirian Yayasan Pdf Undang Undang Pendirian Yayasan Pendirian Yayasan Online Prosedur Pendirian Yayasan Menurut Uu No 28 Tahun 2004 Sertifikat Pendirian Yayasan Syarat Mendirikan Yayasan Mesjid

Cara Pendirian Yayasan Masjid


cara buat yayasan pma di Cara Pendirian Yayasan Masjid tata cara pendirian akta yayasan di Cara Pendirian Yayasan Masjid tata cara membuat izin yayasan di Cara Pendirian Yayasan Masjid tata cara buat yayasan suami istri di Cara Pendirian Yayasan Masjid cara buat yayasan cepat di Cara Pendirian Yayasan Masjid tahapan membuat yayasan sendiri di Cara Pendirian Yayasan Masjid cara membuat yayasan di notaris di Cara Pendirian Yayasan Masjid tahapan membuat yayasan di Cara Pendirian Yayasan Masjid tahapan mendirikan yayasan cv di Cara Pendirian Yayasan Masjid tata cara membuat yayasan cepat di Cara Pendirian Yayasan Masjid manfaat pendirian yayasan di Cara Pendirian Yayasan Masjid

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =